Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Arum Jeram

Seperti yang kita ketahui, bahwa arum jeram merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling menyenangkan. Namun olahraga yang dikatakan sebagai olahraga yang menyenangkan ini bisa menjadi kegiatan yang berbahaya jika Anda tidak bisa memathui beberapa safty procedure yang sudah ditentukan, bahkan jika diabaikan bisa berakibat fatal bahkan bisa menghilangkan nyawa orang yang melakukannya.

Maka dari itu, jangan sampai Anda mengabaikan peraturan yang sudah ditentukan, sekecil apapun bentuk aturan tersebut. Karena jika Anda mengabaikannya begitu saja, besar kemungkinan kegiatan menyenangkan ini bisa berakibat menjadi satu kegiatan yang membahayakan nyawa.

Beberap hal Yang Harus Diperhatikan

Dibawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai kegiatan arum jeram pangalengan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Sungai yang menurut anda aman untuk diarungi

Ingat, tidak semua sungai bisa Anda jadikan tempat untuk bermain arum jeram. Ada jenis sungai yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, namun ada juga jenis sungai yang memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Pilihlah jenis sungai yang menurut Anda aman untuk dipilih.

Nah, jika Anda seorang pemula, maka ada baiknya jika Anda memilih jenis sungai yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup rendah, sehingga akan sangat aman untuk Anda bermain arum jeram, salah staunya arum jeram pangalengan. Namun bagi Anda profesional, maka Anda bisa memilih jenis sungai yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

2. Perhatikan Cuaca

Ketika Anda akan melakukan kegiatan arum jeram, pastikan Anda memilih waktu di cuaca yang pas. Sebenarnya mau musim hujan atau bahkan musim panas bisa saja cocok, Anda hanya cukup melihat karakteristik dari sungai yang dipilih. arung jeram bandung tidak bisa menentukan cuaca yang pas, Anda menanyakan hal ini kepada orang yang lebih ahli dibidangnya.

3. Carilah informasi tentang Sungai yang dipilih

Ketika Anda ingin melakukan kegiatan arum jeram, dan Anda sudah memilih sungai mana yang akan digunakan, maka sebelum melakukan kegiatan alangkah lebih baik lagi jika Anda lagsung menghubungi operator di sungai yang Anda pilih tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencari informasi lebih lengkap terkait karakteristik dari sungai yang akan digunakan, serta menyesuaikan jadwal dengan mereka.

4. Patuhi Peraturan dari Pemandu atau Operator

Untuk keamanan dan kenyamanan, sebaiknya Anda mematuhi setiap peraturan yang dibuat dari tim operator atau dari pemandu Anda. perhatikan setiap hal kecil yang mereka ucapkan, karena aturan sekecil apapun akan sangat berguna untuk Anda ketika melakukan kegiatan, agar kegiatan Anda berjalan dengan aman.


5. Jangan Merasa paling berpengalaman dan paling berani

Hal ini bisa saja terjadi dalam satu rombongan, terutama jika ada diantara rombongan yang pernah melakukan kegiatan ini. Terkadang orang tersebut akan memberikan instruksi yang malah berlawanan dengan pemandu, sehingga scenario yang sudah dirancang oleh pemandu untuk melewati jeram menjadi gagal atau bahkan bisa berakibat fatal.
Ingat, meksipun Anda pernah melakukan kegiatan ini, jangan pernah Anda merasa sebagai orang yang berpengalaman. Karena dalam satu perahu hanya ada satu komando yang harus Anda dan rombongan patuhi. Jika tidak, maka bisa membahayakan keselamatan rombongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *