Jati adalah bahan terbaik untuk produksi furnitur

Jati adalah bahan terbaik dalam pembuatan furniture jati minimalis dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis kayu lainnya. Salah satu keunggulan jati adalah pegangan yang lurus, tahan cuaca, tahan rayap dan mudah dikendalikan. Itu sebabnya kayu jati adalah pilihan pertama dalam konstruksi furnitur.

Untuk kembali ke sejarah jati, kayu ini adalah tanaman asli asli Burma. Dari sana menyebar di berbagai daerah dengan iklim muson. Bahkan, kayu ini hanya tumbuh baik di tanah dengan curah hujan antara 1500 dan 2000 mm / tahun atau pada suhu 27 hingga 36 derajat Celcius. Oleh karena itu wajar bahwa spesies ini tidak tumbuh dengan baik di wilayah Eropa, di mana suhu umumnya rendah. Pertumbuhan jati telah diamati di negara-negara seperti India, Myanmar, Laos, Kamboja, Thailand dan Indonesia.

Pertumbuhan jati di Indonesia dapat dianggap sebagai gaya jati terbaik di dunia. Di Indonesia sendiri, kayu jati tumbuh di pulau Jawa. Juga di beberapa daerah. Jenis-jenis jati dianggap tumbuh dengan kualitas tertinggi di daerah seperti Jepara, Blora dan Bojonegoro. Mengapa jati tumbuh di daerah memiliki kualitas yang lebih baik karena tumbuh di tanah kapur di mana kualitas tanah cenderung rendah keasaman.

Jenis kayu ini telah lama menjadi bahan bangunan karena umurnya yang panjang. Tidak mengherankan bahwa kapal kayu, jembatan, rel dan kapal perang terbuat dari kayu. Karena kekuatan kapal jati pasukan Inggris dikatakan takut ketika mereka menemukan kapal dagang jati Cina.

Keuntungan dari kayu jati

Berdasarkan fakta tersebut, jati juga merupakan bahan utama dalam pembuatan berbagai furnitur kontemporer. Kayu ini dianggap sebagai kayu kelas satu dalam hal keindahan dan daya tahan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jati cenderung memiliki warna tertentu. Warna jati adalah coklat muda, abu-abu hingga coklat kemerahan. Selain itu, permukaan jati bisa sangat halus. Selain itu, kayu ini memiliki jenis minyak alami yang tidak disukai oleh rayap. Bahkan tanpa cat, jati terlihat cerah.

Saat ini, kayu jati, sebagai komponen utama pembuatan furnitur, dapat diganti dengan bahan lain seperti kayu buatan atau besi. Namun keunikan dan kemewahan kayu jati tidak akan pernah tergantikan.

Di kota Jepara, pusat produksi furnitur, kayu jati masih menjadi bahan utama yang digunakan untuk furnitur. Sebaliknya, hutan di berbagai wilayah Indonesia mengalami penurunan volume. Karena itu jati menjadi lebih mahal setiap tahun. Namun, dengan mempertimbangkan keunikan dan manfaat kayu jati, masalah harga tampaknya tidak menjadi masalah utama. Karena hasil yang dicapai sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

Transformasi jati

Harap dicatat bahwa Anda perlu mengambil beberapa langkah untuk membuat furnitur jati. Kayu yang baru saja ditebang dari hutan harus ditebang sesuai kebutuhan. Kemudian, kayu jati tidak langsung diperlakukan menjadi bahan furnitur. Kayu potong harus melalui langkah pengeringan. Proses pengeringan itu sendiri memiliki dua metode, beberapa di antaranya menggunakan metode tradisional menggunakan sinar matahari atau memanggang. Semua metode ini fokus pada mengurangi kadar air kayu. Ketika kayu mencapai tahap produksi, mudah diproses dan tidak lunak.

Setelah kering, kayu hanya bisa diolah menjadi furnitur. Beberapa furnitur jati termasuk meja, lemari, tempat tidur, dll. Dengan bahan jati yang solid, barang-barang ini tentu akan memiliki nilai artistik yang lebih baik dan lebih lama, tentu saja.

Jika Anda tertarik pada benda-benda untuk rumah jati, Anda dapat menghubungi kami. Kami adalah pengrajin yang lebih suka menggunakan jati dalam pembuatan berbagai furnitur. Anda dapat memesan berbagai furnitur jati padat khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *